Kamis, 15 Desember 2011

transportasi

Angkutan khusus wanita


Beberapa bulan yang lalu ada berita yang cukup membuat para kaum hawa resah dikarenakan adanya pemerkosaan disertai pembunuhan yang dilakukan oleh supir angkutan kota didalam angkutan itu dan hal itu menimbulkan banyak kontroversi juga pemerintah daerah harus memberi suatu peringatan pada angkutan kota agar mempunyai ijin yang lengkap, selain itu juga angkutan dilarang memakai kaca film sehingga dapat dilihat dari luar segala aktivitas dalam angkutan itu. Setelah hal itu diterapkan lalu para supir dan crew angkutan diharuskan memakai seragam agar bisa dibedakan dengan penumpang.
Tindak kejahatan dalam angkutan juga yang sering yaitu pelecehan seksual yang dilakukan oleh penumpang pria terhadap penumpang wanita dan hal ini juga membuat banyak wanita resah terutama saat didalam angkutan itu penuh juga berdesak desakan.
Tapi pemerintah untuk menetralisir hal tersebut menerapkan angkutan khusus untuk wanita sehingga member kenyamanan bagi penumpang wanita dari penumpang penumpang yang nakal. Hal ini sangat mendapat banyak dukungan terutama kaum wanita. Memang untuk kasus seperti pelecehan seksual,criminal bahkan sampai pembunuhan disertai pemerkosaan dalam angkutan mungkin sudah banyak terjadi namun hanya beberapa saja yang terexpose media karena jika media tidak mengexpose secara ramai mungkin tidak akan menyadarkan masyarakat juga pemerintah akan pentingnya angkutan khusus wanita.
Selain peran pemerintah juga diperlukan kerja sama para warga untuk saling mengawasi juga menjaga keamanan . para wanita pun diharapkan jika keluar dan berpergian jangan terlalu memakai perhiasan yang mencolok juga pakaian yang wajar karena dengan pakaian yang wajar dan tidak minim maka kejahatan seperti pelecehan seksual itupun bisa dihindari juga dibiasakan jika berpergiaan tidak sendirian diusahakan mengajak teman sehingga bisa saling menjaga satu sama lain dan rasa aman itu akan selalu ada.
Referensi : http://nasional.kompas.com/read/2011/09/20/0139010/

3 komentar: