Selasa, 13 Desember 2011

bencana

1001 pulau 1001 bencana


Indonesia adalah negara yang terletak dizona khatulistiwa maka sering juga disebut ring of fire. Jika suatu negara yang berada didaerah ring of fire maka negara itu tepat berada di lempengan benua yang aktif dan pastinya akan terdapat banyak pegunungan berapi yang aktif juga meletus dalam siklus tertentu. Selain dari ancama gunung berapi maka negara ini juga rawan akan bencana gempa bumi tektonik maupun vulkanik yang dapat mengancam seluruh penduduknya.
Di indonesia sendiri terdapat banyak sekali bencana setiap tahunnya sering juga disebut negara ‘’1001 bencana’’ yang disebabkan oleh alam maupun bencana yang disebabkan oleh tangan tangan jahil manusia yang merusak alam sehingga menimbulkan bencana yang dapat memakan banyak korban.
Setahun yang lalu meletusnya gunung merapi yang berada di jawa tengah menjadi bencana terbesar yang terjadi dinegara ini. Selain menyebabkan kerugian harta juga benda bencana itu juga menyebabkan ratusan warga meninggal karena dampak erupsi gunung merapi atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan wedus gembel. Bahkan juru kunci merapi yang sangat disegani masyarakat sekitar juga telah tenar diseluruh indonesia menjadi korban keganasan gunung merapi yang saat itu erupsinya sangat dasyat dan bahkan abu vulkaniknya sampai kota Yogyakarta sehingga sempat menghentikan seluruh aktivitas masyarakat.
Sebelum dan setelah erupsipun gunung merapi  tetap member ancaman kepada seluruh warga lereng merapi maka pemerintah menyarakan masyarakat yang tinggal dizona bahaya merapi untuk bertransmigrasi keluar daerah yang lebih aman. Belum lagi saat musim hujan seperti ini ancaman lahar dingin juga tidak kalah bahayanya karena aliran lahar dingin yang rusak karena erupsi gunung merapi memembuat aliran lahar dingin ini melewati pemukiman masyarakat disamping debitnya yang sangat tinggi  juga sehingga sampai menggenangi jalan raya jogja magelang juga pemukiman masyarakat bandaran kali code jogja.
Maka dari itu kita masyarakat yang tinggal didaerah rawan bencana ini untuk dapat mengetahui zona-zona rawan bencana juga menyelaraskan diri dengan alam agar alam ini bersahabat lagi dengan kita

referensi : http://nasional.kompas.com/read/2010/11/08/01453546/www.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar